Mau Pasang Atap Spandek? Perhatikan Beberapa Hal Berikut

spandek atap

Salah satu atap masa kini yang banyak direkomendasikan adalah spandek atap. Hal ini dikarenakan atap ini memiliki banyak keunggulannya. Salah satunya adalah daya tahan yang tinggi, bahkan hingga 20 tahun lamanya. Selain itu, proses pemasangan akan atap ini sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Nah, berikut ini proses pemasangan dari atap yang satu ini dengan baik dan benar.

Ukur jarak tumpuan terlebih dahulu

Saat ingin memasang spandek atap, Anda juga harus mengenali berapa luas atap Anda yang akan dipasangi spandek.

Oleh karena itu, mengukur panjang, lebar dan tinggi akan atap akan sangat membantu. Setelah mendapatkan ukuran akan atap yang sudah diukur, saatnya Anda mengukur jarak tumpuan yang dibutuhkan untuk atap Anda. Mungkin untuk pengukuran Anda membutuhkan bantuan yang mengerti agar benar dan presisi.

Desain kuda – kuda baja ringan

Untuk bisa mendesain akan kuda – kuda baja ringan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni kemiringan atap agar air hujan bisa mengalir tanpa adanya hambatan. Faktor lainnya adalah struktur yang digunakan untuk menopang beban atap dan menentukan panjang top chord.

Untuk desain kuda – kuda pada atap baja ringan mungkin akan sedikit kesusahan. Oleh karena itu, Anda bisa meminta bantuan yang memang ahli dan berpengalaman untuk mengerjakan konstruksi pada rangka atap. Hal ini dilakukan untuk mengurangi ketidaksempurnaan atau kegagalan dalam pemasangan atap.

Pemasangan kuda – kuda

Langkah ketiga setelah desain dari kuda – kuda baja ringan selesai dibuat, maka Anda bisa melanjutkan ke proses pemasangan kuda – kuda. Untuk bisa membentuk kuda – kuda rangka yang didesain, Anda mungkin membutuhkan beberapa bantuan orang lain.

Namun ingat saat proses pemasangan gunakan pengamanan yang dibutuhkan. Sebut saja kacamata pelindung dan sarung tangan. Hal ini dilakukan agar kecelakaan kerja bisa dihindarkan.

Pemasangan reng baja ringan

Setelah memasang kuda – kuda, selanjutnya Anda bisa memasang reng. Reng yang digunakan nantinya bergantung akan jenis penutup atap, yakni spandek. Hal ini dikarenakan untuk pemasangan reng harus disesuaikan dengan lebar daun dari atap yang digunakan. Oleh karena itu, setiap rumah akan memiliki jarak reng yang berbeda – beda tergantung jenis atap.

Pemasangan atap spandek

Reng atau rangka atap yang sudah siap atau jadi, pekerjaan selanjutnya adalah pemasangan atap spandek atap itu sendiri. Untuk pemasangan atap ini harus benar – benar seksama dan berhati – hati. Hal ini dilakukan agar rapat, presisi dan tidak adanya kebocoran yang terjadi nantinya.

Proses finishing

Untuk proses finishing sendiri sebenarnya adalah proses mengevaluasi kembali pemasangan dan pekerjaan yang sudah dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi. Pasalnya, walaupun nampak baik, terkadang ada satu yang minus.

Itulah beberapa cara dalam pemasangan spandek atap yang bisa Anda lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *