Memilih Menu Nasi Kotak Untuk Syukuran

Menu Nasi Kotak Untuk Syukuran

Memilih menu nasi kotak untuk syukuran atau suatu acara susah-susah gampang. Jika acara itu ditujukan untuk pihak lain yang bisa kita anggap sebagai tamu, maka memlih menu makanan bisa menjadi keputusan yang penuh pertimbangan. Namun, jika makanan tersebut disuguhkan untuk “orang sendiri”, misalnya seperti acara pelatihan internal, atau rapat internal, tentu tekanannya tidak terlalu besar. Apalagi, pihak internal bisa kita tanyakan atau survei terlebih dahulu mengenai makanan pilihan bersama.

Beda cerita jika menu nasi kotak untuk syukuran ini disediakan untuk banyak orang, apalagi tamu acara. Artikel ini mungkin bisa membantu untuk memberikan gambaran bagaimana memilih menu. Tapi soal ini memang jelas tidak ada yang mutlak karena selera tiap orang berbeda-beda. Begitu juga dengan situasi dan kondisi masing-masing acara. Jadi, gambaran ini baiknya disesuaikan dengan kebutuhan panitia dan peserta acara masing-masing.

Aturan paling sederhana dalam memilih menu nasi kotak untuk syukuran adalah menyediakan 3 macam menu pendamping nasi. Tiga menu tersebut biasanya berupa 2 lauk dan 1 jenis masakan sayur. Dua lauk yang ada bisa dikombinasikan satu lauk hewani dan satu lauk nabati. Dengan 3 macam menu ini, selain ada variasi nutrisi, orang yang mengonsumsi setidaknya masih bisa makan jika ada 1 menu yang tidak disuka. Untuk acara yang lebih khusus atau “premium” kedua lauk yang disediakan bisa saja berasal dari daging hewan keduanya. Meski ini juga perlu keahlian kateringnya dalam menentukan kombinasi yang tepat dari dua lauk tersebut. Baik juga jika anggaran cukup untuk mengambil menu yang menyediakan buah. Panitia perlu mempertimbangkan juga apakah peserta acara ada yang vegetarian atau tidak. Selain itu, untuk di Indonesia, karena mayoritas penduduknya beragama Muslim, tentu sudah jelas jika makanan yang disediakan halal. Baiknya catering tersebut sudah memiliki label halal MUI.

Dari kombinasi dasar tersebut, menu tentu dapat dikembangkan sesuai anggaran. Ada beberapa catering yang menyediakan nasi kotak dengan variasi menu standar namun dengan porsi yang cukup banyak. Ada juga tipe catering lain yang menyediakan nasi kotak dengan banyak menu sekaligus dalam satu kotak tapi dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Kedua tipe ini sah-sah saja dan justru membuat panitia bisa memiliki variasi jika harus menyediakan catering nasi kotak berturut-turut. Karena jika demikian, memang sebaiknya nasi kotak yang disediakan bervariasi dari hari ke harinya.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menyediakan nasi kotak adalah kepraktisan dalam memakannya. Nasi kotak dipilih karena praktisnya ketika dikonsumsi pada acara-acara tertentu. Maka, tidak heran, jarang kita temukan nasi kotak yang menyediakan menu berkuah. Bukannya tidak ada, tapi ketika menyediakan menu berkuah, maka harus diperhatikan apakah peserta acara akan kerepotan saat memakannya atau tidak. Jangan sampai karena repot memakannya –tidak hanya soal makanan berkuah, contoh lain misalnya ikan yang tulangnya sulit dipisah—malah mengganggu jalannya kegiatan di acara berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *