Mengenal Proses Cetak Offset

Proses cetak offset

cetak offset melalui beberapa tahapan hingga akhirnya dapat menghasilkan sebuah produk cetak. Cetak offset memang diperuntukkan untuk kegiatan cetak skala besar. Dibanding dengan cetak digital, harga cetak offset akan jauh lebih murah dalam jumlah yang banyak. Untuk lebih memahami mengenai percetakan offset, mari kita ulas satu persatu mengenai tahapan/alur kerja proses cetak offset.

Proses pracetak (prepress)

Tahapan pertama ini menjadi tahapan yang sangat penting karena akan mempengaruhi keseluruhan proses hingga hasil akhir. Dalam proses ini, desain mulai dibuat untuk kemudian di-filming atau ditransfer dalam sebuah media bernama plate. Perlu diketahui, format warna yang digunakan dalam offset adalah CMYK yang terdiri dari Cyan, Magenta, Yellow, Black. Format warna yang tidak sesuai dapat menyebabkan gambar maupun font tidak muncul pada media cetak atau yang sering disebut dengan missing font. File desain kemudian masuk ke dalam proses setting/layout dan kemudian ditransfer menggunakan mesin CTCP plate maker. Penyiapan bahan baku kertas dan tinta juga masuk dalam proses ini. 

Proses cetak (press)

Dalam proses ini, mesin offset akan bekerja untuk mulai menjalankan proses percetakan. Tinta akan bersinggungan dengan silinder plate yang ada di dalam plate. Plate cetak kemudian mentransfer tinta untuk menuju silinder blanket. Silinder blanket inilah yang akhirnya membawa tinta bersinggungan langsung dengan media cetak berupa kertas. Pada proses ini terjadi pemindahan gambar dari plate ke kertas dengan tinta. Kertas yang sudah berisi gambar kemudian akan keluar satu persatu dari mesin offset. 

Proses finishing (postpress)

Pada proses ini hasil cetak yang sudah selesai kemudian difinishing untuk menjadi sebuah bentuk produk. Proses finishing yang dilakukan akan disesuaikan dengan kebutuhan produk. Seperti misalnya cetak brosur, maka proses finishing yang diperlukan adalah potong dan lipat. Setiap produk memiliki permintaan proses finishing yang berbeda. 

Tahapan percetakan offset mungkin terlihat rumit, akan tetapi hasil cetak yang dihasilkan akan sama dengan proses yang dilakukan. cetak offset akan banyak menguntungkan karena disamping harganya yang terjangkau kualitas hasil cetak offset konstan dan tahan lama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *