Tren Pasar Usaha Skincare

Memiliki brand sesuai dengan personality memang menjadi landasan utama dalam mengembangkan usaha skincare Anda.

Memiliki brand sesuai dengan personality memang menjadi landasan utama dalam mengembangkan usaha skincare Anda. Namun perlu Anda ketahui bahwa ujung-ujungnya, permintaan pasar lah yang menang. Meskipun setiap perusahaan memiliki target pasarnya sendiri. Tetapi, tidak ada salahnya menjadikan bisnis kita lebih fleksibel dan dinamis dalam mengenal tren dan menyikapi masukan-masukan dari konsumen.

Munculnya brand-brand baru

Tren pasar usaha skincare yang pertama adalah munculnya brandbrand skincare baru, yang ramah dengan nuansa generasi Z. Mulai dari pemasaran yang cepat dibantu dengan adanya iklan-iklan pada media sosial. Tipe-tipe ini tidak mau menyia-nyiakan kesempatan dan peluang dari adanya teknologi dan terus melakukan upgrade pada media sosial dengan membuat konten-konten yang menarik, tutorial make-up, beauty vlogging, daily skincare routine, dan sebagainya. Anda dapat dengan mudah melihat seberapa cepat perkembangan brandbrand baru tersebut yang bisa dengan hitungan tahun satu digit saja sudah dapat merambah pasar secara cepat.

Istilah produk instagrammable 

Tidak dipungkiri bahwa media sosial Instagram salah satunya memiliki pengaruh yang sangat besar dalam hal periklanan usaha skincare. Hal ini tentu saja karena pendekatan visualisasi lebih menarik daripada hanya mendengarkan ataupun membaca saja. Feed-feed ataupun konten-konten berisi tampilan yang ciamik saat ini semakin diminati karena semua orang tentunya menyukai estetika. Mereka suka melihat tampilan foto produk skincare yang ditata secara apik, dengan tone warna menarik dan kamera dengan resolusi tinggi, ditambah lagi dengan modelnya yang cantik.

Berawal dari review orang terdekat

Pemasaran dari mulut ke mulut ini bukan hanya dilakukan secara langsung saja, namun melalui review produk. Konsumen dapat merasa terhubung dengan suatu produk padahal belum pernah menggunakannya. Ini bisa diakibatkan karena konsumen tersebut rajin membaca update-an produk-produk usaha skincare dan melihat secara visual model ataupun beauty influencer yang telah menggunakan produk tersebut. Secara sederhana, Anda dapat mengamati awal mula pengusaha skincare memasarkan produknya adalah dengan mengenalkan kepada teman dekat dan saudara-saudaranya untuk kemudian meminta review dari mereka. Ini kemudian berkembang kepada “teman dari teman”, baik itu teman dalam artian real life ataupun teman dari media sosialnya. Jika produk Anda layak, sebentar saja akan menjadi talk of the town.

Konsumen semakin cerdas

Meningkatnya awareness terhadap kandungan dan manfaat skincare di kalangan penggunanya membuat konsumen semakin kritis dalam memilih dan memilah produk-produk skincare yang akan mereka gunakan. Ini akibat dari hobi baru yaitu membaca review produk. Anda dapat memanfaatkan situasi ini jika produk Anda memang memiliki kualifikasi yang baik dan menerapkan standar tinggi dalam memproduksi produk-produknya. Mereka semakin banyak belajar mengenai produk kecantikan dan membicarakan tren-tren kecantikan yang sedang berkembang atau hanya sekedar share produk yang mereka gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *