Jenis Investasi Jangka Panjang bagi Pemula

investasi jangka panjang

Investasi tidak hanya dilakukan oleh mereka yang telah memiliki pendapatan tinggi. Bagi seorang pemula pun bisa melakukan investasi jangka panjang. Penasaran? Simak ulasan singkat berikut ini!

Emas

Banyak orang yang melakukan investasi dengan emas. Ya, benda ini memang kerap dijadikan pilihan oleh beberapa kalangan untuk berinvestasi. Alasannya karena harga emas selalu berubah ke arah yang lebih baik alias semakin hari semakin meningkat. Permintaan emas di pasaran selalu besar sehingga sangat sesuai untuk dijadikan investasi yang menjanjikan ke depannya. 

Investasi emas juga dianggap minim risiko kecuali krisis ekonomi yang diakibatkan sesuatu yang fatal. Ketika pasar saham mengalami penurun pun emas tidak terpengaruh, tetap pada harga sesuai harga mata uang dunia. Selain itu emas juga dianggap sebagai jenis barang investasi yang mudah dijadikan uang. Jadi, apabila Anda berada dalam kondisi butuh uang langsung bisa mencairkan emas demi pemenuhan kebutuhan. 

Tanah dan Bangunan

Jenis barang investasi jangka panjang yang cukup menjanjikan selain emas adalah tanah dan bangunan. Apabila Anda berniat melakukan investasi dengan tingkat kerugian yang minim maka bisa memilih investasi tanah dan bangunan. Tahukah Anda? Harga tanah setiap tahunnya mengalami peningkatan bahkan hingga sebesar 15 – 20%. 

Mudahnya lagi apabila Anda memiliki tanah yang telah didirikan bangunan seperti ruko, hunian maupun kontrakan. Jenis investasi ini memang membutuhkan biaya yang cukup besar pada awalnya, namun tidak butuh waktu lama untuk menutup modal awal investasinya mengingat harga properti yang terus meningkat. 

Tanam Saham

Anda ingin investasi dengan cara yang menarik? Yuk, tanam saham saja. Melalui saham Anda dapat mengendalikan sebuah perusahaan kecil maupun besar tergantung tempat investasi Anda. Anda juga akan digolongkan sebagai pemilik perusahaan tersebut sebesar persenan saham yang Anda beli. Buktinya berupa lembaran kertas yang tertera nama pemilik serta jumlah saham kepemilikan. Apabila perusahaan tersebut berjalan dengan baik maka Anda bisa memperoleh keuntungan yang besar. Begitu pun sebaliknya. 

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk investasi jangka panjang? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *