Mengenal Besi Beton Polos, dan Fungsinya pada Bangunan!

Adapun besi beton polos, sendiri adalah salah satu dari 2 jenis besi beton yang umumnya digunakan untuk membuat sebuah konstruksi tertentu, baik itu rumah, jembatan atau bangunan lainnya. Besi yang satu ini mempunyai sifat, bentuk dan fungsi tertentu dalam bangunan, yaitu :

  1. Ciri

Jika dilihat dari cirinya, besi beton polos, ini mempunyai permukaan yang polos dan licin di sepanjang batangnya. Selain itu penampangnya juga terlihat bundar serta mulus, disertai no ukuran dan label SNI di salah satu bagian batang.

  1. Ukuran

Untuk ukurannya sendiri terbilang beragam. Terutama untuk bagian diameter, mulai dari ukuran 4, 6, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 15, 16, 19, 22, 23, 24, 25, 28, 31 dan 32 mm. Sedangkan untuk ukuran panjangnya sendiri terbilang standar, yaitu 12 m.  

  1. Warna

Dalam hal standar SNI, masing-masing besi beton akan dibagi menjadi 2 seri, yang dibedakan jadi warna tertentu. Kali ini kode yang digunakan adalah BjTP atau singkatan dari Baja Tulang Polos. Adapun kode dan warna yang digunakan kali ini adalah BjTP 24 dengan warna hitam, dan BjTP 30 dengan warna biru.  

  1. Sifatnya

Adapun sifat dari bahan yang satu ini, lentur atau tidak kaku. Hasilnya bahan yang satu ini mudah dibentuk atau dibengkokkan ke menjadi bentuk tertentu sesuai kebutuhan.

  1. Ketahanan

Dilihat dari daya tahannya, besi ini terbilang cukup kuat. Minimal daya tekannya sekitar 240 Mpa.

  1. Harga dan sistem penjualan

Jika dilihat dari segi harga, harga besi beton polos ini terbilang murah, dibandingkan dengan besi beton ulir.

Di pasaran besi beton yang satu ini, dapat dijual secara eceran, yang membuat Anda dapat membeli besi tersebut sesuai kebutuhan.

  1. Fungsi

Umumnya besi beton yang satu ini, digunakan untuk membungkus serta mengikat besi beton ulir yang juga digunakan dalam membuat sebuah bangunan atau konstruksi tertentu. Lantaran sifat besi yang satu ini, tidak mempunyai data ikat baik, ketika dilakukan proses cor beton.  

Dari ulasan diatas, sedikit banyak, kini Anda lebih memahami tentang sifat dan karakter besi beton polos. Yang nantinya memudahkan Anda memilih dan menggunakan besi beton sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *