Syarat Pinjam Uang Jaminan Sertifikat Rumah Agar Disetujui

Ilustrasi rumah

Kamu ingin mengajukan pinjaman dana di bank dengan jaminan sertifikat? Berikut syarat pinjam uang jaminan sertifikat rumah di bank dan pegadaian. 

Pinjaman di Bank

Saat ini bank menjadi harapan terbesar para nasabah yang butuh uang dalam waktu singkat. Apalagi jika kamu memiliki sertifikat aset seperti rumah, tanah maupun properti lainnya. Jadi, ada beberapa jenis kredit yang bisa kamu ajukan dengan jaminan sertifikat rumah. Kamu bisa mengajukan kredit modal kerja, kredit investasi, kredit multiguna dan lainnya. 

Syarat yang harus kamu lengkapi apabila ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah adalah sebagai berikut. 

  1. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Foto copy surat nikah (apabila telah menikah)
  3. Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  4. Foto copy NPWP
  5. Foto copy slip gaji
  6. Foto copy keterangan karyawan dari perusahaan
  7. Foto copy buku tabungan

Selain syarat di atas, kamu juga harus memastikan kondisi rumah yang akan dijadikan jaminan pinjaman dalam kondisi bagus. Pihak bank menentukan kriteria jenis rumah yang akan dijadikan jaminan seperti tidak boleh dekat dengan bangunan tower sutet, luas jalan di depan rumah minimal 3 meter, tidak terletak di kawasan rentan banjir. 

Syarat pinjam uang jaminan sertifikat rumah juga dibatasi jumlah dananya. Maksimal dana yang dapat kamu pinjam dengan jaminan sertifikat rumah adalah 80% dari total nilai bangunan. Misalnya rumah kamu ditaksir dengan harga Rp 200 juta, maka pinjaman yang dapat diterima hanyalah Rp 180 juta. 

Pinjaman di Pegadaian

Kamu juga dapat mengajukan pinjaman dengan syarat sertifikat rumah di pegadaian. Produk pegadaian yakni Kredit Cepat dan Aman, Kredit dengan Sistem Gadai dan Kredit Aneka Guna untuk Umum. Syarat yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:

  1. Foto copy KTP
  2. Foto copy Kartu Keluarga
  3. Foto copy NPWP
  4. Sertifikat rumah asli
  5. Formulir pinjaman

Terapkan beberapa tips berikut saat mengajukan pinjaman dana di pegadaian. Hindari pengajuan pinjaman melebihi nilai taksir sertifikat rumah. Kemudian sesuaikan angsuran dengan gaji bulanan agar tidak terasa terlalu berat. Pihak pegadaian akan menilai kemampuan kamu dalam penyetoran per bulannya melalui gaji bulanan. 

Berikan alasan yang logis mengenai penggunaan dana pinjaman. Pemberi pinjaman akan mempertimbangkan alasan logis kamu untuk pengambilan keputusan lanjutan. Apabila pengajuan kamu ditolak, bisa jadi karena syarat yang kamu berikan tidak tepat. Oleh karena itu pastikan KTP seumur hidup, keterangan di Kartu Keluarga sama dengan KTP dan sertifikat atas nama sendiri. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai syarat pinjam uang jaminan sertifikat rumah. Apabila pengajuan kamu diterima, gunakan dana tersebut sesuai dengan tujuan awal. Perlu diingat bahwa lebih utama kebutuhan dibandingkan keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *